-->

6 Cara Menjaga Kesehatan Gigi

Gigi adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut dari banyak vertebrata. Mereka memiliki struktur yang bervariasi yang memungkinkan mereka untuk melakukan banyak tugas. Fungsi utama dari gigi adalah untuk merobek dan mengunyah makanan dan pada beberapa hewan, terutama karnivora, sebagai senjata. Akar dari gigi tertutup oleh gusi.
Source google.com





Bagaimana jika gigi yang memiliki banyak sekali fungsi itu tidak kita jaga kesehatannya, tentu gigi kita akan mengalami keadaan yang buruk seperti gigi berlubang salah satunya tentu dapat mengganggu aktifitas kita dalam menjalani kehidupan.
Berikut tips & trik yang dapat dilakukan agar gigi kita tetap pada keadaan yang sehat, yaitu :




1. Menyikat Gigi Secara Rutin

Salah satu cara yang utama yaitu menyikat gigi secara rutin minimal 2x dalam sehari agar gigi kita tetap terjaga kesehatannya.Waktu yang tepat untuk menyikat gigi yaitu di pagi hari sesudah sarapan dan di malam hari setelah makan malam. Dengan menyikat gigi kuman-kuman dan bakteri yang menempel pada gigi akan bersih dan hilang, bahkan menyikat gigi akan membuat gigi kita lebih putih.


2. Menggunakan Obat Kumur

Obat kumur atau mouthwash dapat membantu kebersihan daerah mulut anda. Perlu anda ketahui, menyikat gigi saja tidaklah cukup. Karena dengan menyikat gigi, masih ada saja bakteri dan kuman yang tidak ikut bersih. Dengan adanya mouthwash,, maka bakteri dan kuman yang menempel dan belum habis tersebut dapat hilang dan bersih. Selain itu, mouthwash juga dapat membersihkan area mulut, dan mencegah hal – hal seperti ini : sariawan, bau mulut, gusi berdarah, karang gigi dan infeksi mulut.


3. Menghindari Minuman Terlalu Panas Atau Terlalu Dingin

Untuk menjaga kesehatan gigi, anda wajib untuk menghindari minumam yang terlalu panas atau dingin. Tunggulah minuman itu hingga berada pada suhu yang tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Mengkonsumsi minuman yang terlalu panas atau terlalu dingin akan menimbulkan abrasi gigi.

Abrasi gigi akan membuat gigi anda mengalami sensitifitas yang sangat mengganggu. Gigi sensitif sangatlah mengganggu keaehatan gigi anda. Jadi, untuk menjaga kesehatan gigi anda, anda wajib menghindari, atau setidaknya mengurangi konsumsi minuman yang terlalu panas atau terlalu dingin. 


4. Gunakan Pasta Gigi Yang Mengandung Flouride

Dalam menyikat gigi, anda harus menyikat gigi menggunakan sikat gigi yang mengandung flouride. Pasta gigi yang mengandung flouride ini dapat membantu memperkuat struktur gigi sehingga tidak mudah mengalami pengeroposan. Selain itu, pasta gigi yang mengandung flouride juga dapat memutihkan gigi secara alami.


5. Jangan Mengkonsumsi Makanan Yang Terlalu Manis

Permen dan makanan terlalu manis dapat menyebabkan gigi berlubang, anda pasti pernah melihat bagaimana seorang anak kecil saja giginya sudah mulai berlupang dan korengan. Ya betul, makanan manis terutama permen adalah salah satu penyebab gigi berlubang yang wajib anda hindari. Zat tersebut akan mempercepat proses pengeroposan gigi.


6. Membiasakan Menjaga Kesehatan Gigi Sejak Kecil

Menjaga kesehatan gigi memang baiknya dimulai dari kecil, didik anak agar terbiasa sikat gigi dan belilah perlengkapan sikat gigi yang unik untuk memancing anak anda sikat gigi. Selain itu hindari makan permen bagi mereka agar giginya tidak berlubang.


Itulah beberapa cara menjaga kesehatan gigi, semoga artikel ini dapat berguna bagi pembaca. Terima kasih :)  

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "6 Cara Menjaga Kesehatan Gigi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel