-->

6 Cara Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal

Pada dasarnya berat badan seseorang tergantung dari asupan kalori yang masuk dan seberapa banyak pengeluaran kalori melalui aktivitas tubuh. Berat badan ideal akan tercapai apabila jumlah kalori masuk sama dengan jumlah kalori yang dikeluarkan oleh tubuh.
Source google.com
Memiliki tubuh dengan bobot ideal adalah keinginan setiap orang khususnya bagi
kaum wanita. Meski susah-susah gampang dalam menjaga berat badan agar tetap ideal, namun masih dapat diwujudkan dengan beberapa langkah sebagai berikut :


1. Minum Air Sebelum Makan

Terkadang, saat lapar kita akan langsung mengambil sendok dan bergegas makan nasi berserta lauk-pauknya, atau bahkan mencari makanan yang tinggi kalori. Padahal mungkin saja yang kamu rasakan itu haus bukannya lapar. Jadi, ketika kondisi lapar menyerang, sebaiknya atasi dulu dengan minum air putih.

Menurut penelitian, minum air sebelum makan sangat ampuh dalam menurunkan berat badan. Kenapa demikian? mengonsumsi air sebelum makan ternyata bisa memberikan efek kenyang, yang pada akhirnya akan membuat kamu enggan untuk melahap makanan dalam porsi besar, atau malah kamu tidak menyentuh makanan itu sama sekali.


2. Jangan Melupakan Sarapan

Banyak orang yang mengira cara cepat melangsingkan badan dengan mengurangi jatah makan harian seperti tidak sarapan di pagi hari. Padahal hal tersebut justru akan membuatmu kelaparan dan banyak mengonsumsi camilan sepanjang hari, terutama ketika tubuh mulai merasa gemetar akibat lapar.
Oleh sebab itu, pastikan kamu selalu sarapan di pagi hari. Misalnya mengonsumsi telur rebus dan satu buah pisang, atau susu rendah lemak dan selembar roti, serta jangan lupa jus buah yang mengandung beragam nutrisi seperti serat dan vitamin.


3. Konsumsi Makanan Yang Tepat

Makanan penjaga agar berat badan tetap ideal yang terbaik untuk kamu adalah makanan berprotein dan berserat tinggi. Protein dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Selain itu, protein bisa membantu membakar lemak dalam tubuh. Konsumsilah makanan sumber protein seperti putih telur, yoghurt, daging tanpa lemak, makanan laut, keju, kedelai, dan kacang-kacangan.

Makanan berserat juga bisa membuat tubuh kamu kenyang lebih lama, namun ia lebih rendah kalori. Makanan berserat tinggi yang dapat kamu konsumsi antara lain buah, sayur, biji-bijian, popcorn tanpa mentega, dan kacang. Jangan lupa tambahkan cabai ketika makan agar memuaskan selera. Menurut penelitian, makanan yang memuaskan lidah dapat mencegah kita banyak makan.


4. Hindari Makan Terlalu Larut Malam

Makan malam hanya akan membuat tubuh kamu semakin membengkak. Ketika malam hari tubuh tidak banyak melakukan aktivitas fisik, sehingga jika kamu mengonsumsi makanan berkalori maka akan diubah menjadi lemak, bukannya energi.

Maka dari itu, menjaga berat badan agar tetap ideal akan berhasil apabila kamu menghindari makan malam. Bila tak bisa karena suatu hal, kamu bisa memajukan waktu makan malam dari biasanya. Usahakan jangan makan melewati pukul 18.00 sore, karena perut kita perlu melakukan pencernaan dalam waktu minimal 2 jam sebelum ia beristirahat.


5. Tidur Yang Cukup & Teratur

Tubuh kita pada dasarnya dapat memproduksi hormon yang bisa memacu kita untuk lebih nafsu makan (hormon ghrelin) ketika kurang tidur. Hal ini bisa memicu naiknya berat badan.

Selain itu, kurang tidur juga bisa memicu terganggunya sistem metabolisme tubuh dalam memecah zat-zat makanan menjadi energi. Alhasil, zat-zat itupun menumpuk dalam jumlah besar dan diubah menjadi lemak.


6. Berolahraga Secara Teratur

Sudah bukan rahasia lagi kalau olahraga menjadi salah satu cara menurunkan berat badan yang paling efektif. Menurut penelitian, olahraga bisa membantu memangkas lemak berlebih dalam tubuh. Terbakarnya lemak inilah yang dapat membuat berat badan kamu menjadi lebih ideal.
 
Untuk mengurangi berat badan berlebih melalui olahraga, orang dewasa berusia 19-64 tahun direkomendasikan untuk rutin melakukan gerakan aerobik seperti berjalan, bersepeda, berlari setidaknya 150 menit per minggu. Porsi ini tentu bisa kamu tingkatkan agar dapat menjaga berat badan yang ideal.


Mungkin demikian tips & trik dari saya, tentunya hasil dari setiap orang akan berbeda karena semuanya tergantung dari kalian yang membaca.
Semoga artikel ini dapat membantu dan berguna bagi pembaca. Terima kasih :)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "6 Cara Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel