-->

Obat Alami Pengapuran Tulang Sendi

https://www.freepik.com/free-photos-vectors/bone

Pengapuran tulang atau disebut dengan Osteoararthritis (OA) merupakan salah satu jenis masalah tulang yang paling sering dialami oleh sebagian orang. Namun, belum banyak orang yang mengetahui obat pengapuran tulang yang paling efektif untuk mengatasi nyeri dan meringankan rasa sakit yang Anda derita.

Penyakit ini merupakan juga merupakan penyakit yang memengaruhi tulang rawan persendian. Osteoararthritis (OA) terjadi akibat rusaknya kartilago yang melindungi dan memberi bantalan pada sendi. Menurut “American Academy of Orthopedic Surgeons (AAOS)” menyatakan bahwa, ada beberapa pengobatan dan obat pengapuran tulang alami yang dapat membantu mengatasi penyakit tersebut. Mari kita simak penjelasannya di bawah ini.


Cara Mengobati Pengapuran Tulang Secara Alami

Obat alami dipercaya lebih aman karena efek sampingnya yang lebih sedikit dibandingkan dengan obat-obatan kimia. Prinsip pengobatan pengapuran tulang yaitu meringankan gejala nyeri, kekakuan sendi, dan proses peradangan yang terjadi. Adapun obat dan pengobatan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi pengapuran tulang, yaitu:


1. Mengompres Bagian yang Sakit

Cara cepat dan sederhana dalam mengobati pengapuran tulang yaitu mengompres bagian yang sakit. Cara ini dirasa efektif karena mampu meredakan nyeri dan sakit akibat osteoararthritis. Anda dapat menggunakan air hangat atau pun air dingin untuk melakukannya. Mengompres dengan air hangat dapat membantu mengobati sendi kaku, sedangkan mengompres dengan air dingin dapat mengatasi nyeri sendi.

Caranya adalah dengan memasukkan handuk yang lembut pada air, peras hingga tak menetes, lalu tempelkan pada bagian yang sakit. Lakukan hal tersebut secara berulang untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


2. Mandi Garam Epsom

Obat pengapuran tulang alami selanjutnya adalah mandi dengan garam Epsom. Garam epsom adalah garam yang mengandung banyak magnesium dan sulfur (belerang) serta garam ini tidak dapat dikonsumsi atau digunakan untuk masakan. Kandungan mineral tersebut mampu mengatasi nyeri dan peradangan pada sendi.

Caranya adalah cukup menaburkan 2 gelas garam Epson ke dalam bak mandi yang berisi air hangat dengan suhu 38 derajat celcius. Kemudian, berendamlah selama kurang lebih 30 menit. Lakukan hal tersebut sesering mungkin, agar masalah pengapuran tulang dapat segera teratasi.


3. Oleskan Cabai

Bila Anda mendengar kata cabai, pastilah sensasi pedasnya yang terpikir oleh Anda. Ternyata cabai juga dapat dijadikan sebagai obat pengapuran tulang alami. Hal tersebut dikarenakan kandungan capasaicin yang terdapat dalam cabai berfungsi untuk meredakan masalah tulang dan persendian.

Cara menggunakannya adalah potong cabai dan keluarkan isinya. Kemudian, oleskan pada bagian yang sakit. Lakukan hal tersebut sebanyak 3 sampai 4 kali sehari. Jangan lupa! Segera mencuci tangan Anda setelah melakukan pengobatan ini.


4. Minum Teh Hijau

Teh hijau kaya akan polifenol yang berfungsi untuk mengurangi peradangan sendi. Sebuah penelitian di “Arthritis Research and Therapy” menunjukkan bahwa teh hijau dapat melindungi tulang rawan. Namun, sebaiknya menggunakan teh ini secukupnya saja karena efek sampingnya dapat menimbulkan gangguan fungsi hati.


5. Gunakan Jahe

Mengonsumsi jahe juga dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat osteoararthritis (OA). Sebuah penelitian pada tahun 2015 di “Osteoarthritis dan Cartilage” menunjukkan bahwa, jahe mampu mengurangi risiko cacat akibat pengapuran tulang dalam jangka waktu lama.

Penggunaan jahe yang berlebih dapat menimbulkan efek samping seperti, sakit perut, diare, dan mulas. Obat alami ini juga dapat berinteraksi dengan obat Warfarin. Untuk menghindari efek samping dari penggunaan jahe, maka “The National Center for Complementary and Integrative Health” menyarankan untuk tidak berlebihan menggunakan jahe sebagai obat pengapuran tulang alami.


6. Kunyit

Obat pengapuran tulang alami ini mengandung curcumin yang baik untuk mengatasi peradangan sendi dan mengurangi rasa sakit akibat pengapuran tulang. Untuk hasil yang maksimal, Anda juga dapat menambahkan lada hitam sebagai campuran obat alami tersebut. Gunakan obat ini secukupnya karena efek sampingnya dapat menyebabkan mual. Selain itu, obat ini juga dapat berinteraksi dengan obat pengencer darah.



Tags : Obat Alami, Pengapuran Tulang, Sakit Tulang, Sakit Sendi, Obat Alami Pengapuran Tulang, Tulang Keropos, Mengatasi Tulang Keropos, Obat Alami Tulang Sakit, Pengapuran Tulang dan Sendi.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Obat Alami Pengapuran Tulang Sendi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel