-->

Mencegah Kanker Payudara Itu Ternyata Mudah

Pic. Kanker Payudara | Source Google.com




Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas tentang Faktor-Faktor Yang Dapat Menyebabkan Kanker Payudara, bagi kalian yang belum membacanya silakan langsung mengklik link artikel tersebut.
Setelah kita sudah mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya kanker payudara, kini saatnya kita mencegah kanker payudara dengan beberapa cara yang ada di bawah, yaitu :



1. Mengkonsumsi Makanan Sehat

Wanita yang sudah terkena kanker payudara dapat merubah kualitas hidupnya dengan menghindari makanan berlemak. Daging berlemak, sosis, krim, margarin, mentega, dan minyak adalah makanan untuk dihindari sebagai usaha pencegahan kanker payudara.
Seharusnya para wanita secara teratur mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran segar yang dapat memberikan perlindungan yang efektif terhadap kanker payudara, dengan mengkonsumsi makan sehat seperti dia atas dapat membantu mengurangi risiko kanker payudara.
Tentunya dengan mengkonsumsi makanan sehat sangat membatu para kaum wanita untuk menjaga kesehatan tubuh agar tidak mudah terkena kanker payudara, semoga saja para pembaca sudah melakukannya sejak dini.



2. Rutin Berolahraga

Mungkin bagi sebagian wanita berolahraga sangat sulit sekali dilakukan, seperti para wanita yang bekerja dan sudah memiliki keluarga terasa sangat sulit untuk berolahraga secara rutin. Begitu pula bagi para ibu rumah tangga terkadang sangat malas sekali untuk berolahraga Karena setiap hari sibuk dan Lelah mengurusi rumah tangga.
Namun, harus kita sadari wanita yang aktif secara fisik dapat menurunkan risiko kanker payudara. Sebaliknya, risiko meningkat pada wanita yang sudah bertahun-tahun tidak pernah mengolah fisiknya lagi. Standar untuk melakukan olahraga aerobik intensitas sedang (seperti bersepeda dan jalan cepat) adalah selama 2 jam 30 menit per minggu.



3. Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal

Berat badan erat kaitannya dengan risiko kanker payudara. Wanita yang mengalami pertambahan berat badan atau obesitas setelah masa menopause, memiliki risiko terkena kanker payudara sebesar 30 sampai 60 persen. Sementara, wanita yang mengalami pertambahan berat badan atau obesitas sebelum masa menopause, risiko terkena kanker payudara 20 sampai 40 persen lebih tinggi dibanding dengan yang mempunyai berat badan normal.
Perubahan berat badan dan waktu terjadinya kenaikan berat badan ini diduga berkaitan dengan keadaan hormon di dalam tubuh. Melihat risiko ini, menjaga berat badan tetap ideal adalah salah satu cara mencegah kanker payudara yang dapat kalian lakukan. Jadi semua pilihan ada di tangan kalian, lakukan yang terbaik untuk kesehatan kalian khususnya para kaum wanita.



4. Menyusui Bayi Secara Teratur

Bagi para kaum wanita yang sudah berkeluarga dan memiliki bayi sangatlah beruntung Karena setiap 12 bulan menyusui, risiko terkena kanker payudara dapat berkurang sebesar 4,3 persen. Meskipun tingkat penurunan risikonya kecil, menyusui bayi dapat membantu mencegah kanker payudara.



5. Hindari Paparan Radiasi Tingkat Tinggi

Ada beberapa hal yang mungkin membuat kalian terpapar radiasi tingkat tinggi, misalnya penggunaan peralatan kesehatan CT scan, bekerja di tempat pengobatan yang menggunakan radiasi dan terpapar asap kendaraan, serta bahan-bahan kimia. Lindungi diri kalian dari paparan tersebut dan semaksimal mungkin dihindari.



6. Mengurangi Terapi Hormon

Terapi hormon biasa dilakukan oleh wanita terkait dengan masa menopause. Terapi yang umumnya menggunakan hormon estrogen dan progesteron ini biasanya bersifat jangka waktu panjang, yaitu sekitar 10 tahun. Karena itulah, terapi ini berisiko meningkatkan kanker payudara. Namun ketika pemakaian dihentikan, dalam waktu sekitar lima tahun, risiko tersebut dapat kembali berkurang. Apabila Anda benar-benar membutuhkan terapi hormon, konsultasikan kepada dokter agar kadar hormon tersebut dapat dikurangi.



7.  Menghentikan Kebiasaan Merokok

Kalian yang pernah menjadi perokok masih memiliki risiko terkena kanker payudara sebesar 13 persen lebih tinggi dari pada mereka yang tidak pernah merokok sama sekali. Kondisi yang lebih buruk bisa Anda alami jika masih aktif merokok, yaitu 24 persen berisiko lebih tinggi.
Wanita yang sejak usia dini sudah merokok, risikonya menjadi lebih tinggi lagi, yaitu ditambah 12 persen. Satu lagi, wanita yang merokok sebelum kehamilan pertama, risiko akan bertambah sebesar 21 persen. Melihat risiko-risiko ini, berhenti merokok sekarang juga adalah pilihan yang paling tepat.



8. Tidak Mengkonsumsi Minuman Beralkohol

Mengonsumsi minuman beralkohol satu gelas setiap hari dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara sebesar 10 sampai 12 persen dibandingkan dengan seseorang yang tidak mengonsumsi minuman beralkohol. Potensi terkena kanker payudara lebih tinggi jika biasa minum lebih dari segelas per hari.
Hal ini dapat terjadi karena ada kaitan antara tingkat alkohol dengan perubahan jumlah hormon di dalam darah. Dalam hal ini sebagai cara mencegah kanker payudara adalah mengurangi asupan alkohol, bahkan disarankan untuk menghentikan sama sekali.



9. Menyadari dan Mengenali Perubahan Pada Diri Sendiri

Kesadaran untuk menemukan cara mencegah kanker payudara juga dapat dilakukan sendiri dengan mengenali jika ada perubahan pada diri. Hal paling umum untuk mengenali kelainan pada payudara adalah dengan melakukan metode sadari, yaitu dengan menggunakan tangan. Jangan malas melakukannya sebab sangat penting untuk membantu menjaga kesehatan payudara dari kanker.


Mungkin demikian panjang artikel yang dapat mimin sampaikan, jika kalian sudah melakukan semua hal di atas dan masih ingin mendapatkan cara mencegah kanker payudara kunjungi dokter. Minta dokter untuk melakukan mammogram agar Anda mendapat informasi yang lebih akurat. Tujuan lainnya adalah apabila ada tanda-tanda kanker payudara, dapat segera tertangani.

Semoga informasi yang mimin sampaikan dapat bermanfaat bagi para pembaca, akhir kata mimin ucapkan terima kasih :))

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mencegah Kanker Payudara Itu Ternyata Mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel